Skip to content

Dituding Bermuatan SARA, Kompasiana Akan Dilapor Polisi?

September 12, 2009

Andy Syoekry Amal

ANDY SYOEKRY AMAL

Tadi subuh usai makan sahur, saya membuka postingan-postingan saya sebelumnya di Kompasiana.  Maksudnya untuk membaca kembali tanggapan-tanggapan yang masuk. Ketika membaca tanggapan dalam postingan saya yang berjudul “Daulat Tuanku, Malaysia Itu Berasal dari Bugis, Jadi….!”, tiba-tiba mata saya tertuju pada tanggapan ke 78, atas nama  penanggap “warga negara”, yang  menyatakan sudah berniat melaporkan blog ini (Kompasiana) ke polisi.

Untuk lengkapnya saya turunkan kembali secara utuh tanggapan yang diposting tanggal 1 September 2009 jam 11:02 am.tersebut:

“Kepada Andy Syoekryamal, saya sudah berniat melaporkan blog ini ke polisi, karena sudah bermuatan SARA…anda bisa kena ganjaran perbuatan tidak menyenangkan, penghasutan, menimbulkan kebencian pada kelompok tertentu.. anda sebagai pengelola blog dipercaya oleh kompas (pemiliknya jawa) agar anda bersikap netral dan selektif dalam memilih komentar.. mohon tanggapannya dalam 24 jam, bila tidak saya membawa blog ini ke polisi…”

Karena penasaran, saya mencoba menelusuri lebih jauh melalui email Pengelola Kompasiana. Hasilnya, diketahui bahwa tanggapan tersebut berasal dari “Author : warga negara (IP: 118.96.132.26 , 118.96.132.26),  E-mail: warga@yahoo.co.id.”

Walau sudah melebihi batas waktu yang diberikan oleh sang penanggap, namun saya merasa tertarik untuk menanggapi kembali tanggapan tersebut sebagai bentuk  pertanggungjawaban publik (pembaca Kompasiana), sebagai berikut:

1. Atas kalimat yang menyatakan: “…saya sudah berniat melaporkan blog ini ke polisi, karena sudah bermuatan SARA…”, tanggapan  saya adalah: “tidak ada yang dapat melarang bila ada yang berniat untuk melaporkan blog ini ke polisi dengan alasan tersebut,  namun demikian tidak jelas mana muatan Kompasiana yang sudah bermuatan  SARA? Apakah dalam tulisan saya yang berjudul “Daulat Tuanku, Malaysia Itu Berasal dari Bugis, Jadi….!” atau bukan….”

2. Atas kalimat yang menyatakan: “….anda bisa kena ganjaran perbuatan tidak menyenangkan, penghasutan, menimbulkan kebencian pada kelompok tertentu..”, tanggapan  saya adalah: “perbuatan mana yang dimaksud ?”

3. Atas kalimat yang menyatakan: “…anda sebagai pengelola blog dipercaya oleh kompas (pemiliknya jawa) agar anda bersikap netral dan selektif dalam memilih komentar..”, tanggapan saya: “…sebagai blogger publik Kompasiana saya tidak memiliki otoritas untuk untuk menyeleksi komentar yang masuk. Mungkin pertanyaan itu lebih  tepat diajukan kepada Pengelola Kompasiana…”

4. Atas kalimat yang menyatakan: “…mohon tanggapannya dalam 24 jam, bila tidak saya membawa blog ini ke polisi…”, tanggapan saya: ”karena tanggapan saya ini disampaikan setelah lebih dari 24 jam (bahkan sudah lebih dari 7 X 24 jam), apakah Anda sudah melaporkan blog ini (Kompasiana) ke polisi…?”

Wallahua’lam bissawab.

Salam Kompasiana,

ANDY SYOEKRY AMAL

Tags: , , , ,

<!–This entry was posted on Monday, September 7th, 2009 at 9:25 am and is filed under Hukum, Media, Sosial. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site. –>

//

Share on Facebook Share on Twitter
One Comment leave one →
  1. September 12, 2009 7:33 am

    Pasal “perbuatan tidak menyenangkan” itu pasal karet, gampang sekali disalahgunakan. Apakah tidak ada tuduhan lain yang lebih bermutu?

Tinggalkan Balasan

