Skip to content

Surel Kartini, Istri Bule dari Paris (untuk Mariska)

September 28, 2009

aDE kARTINI

ADE KARTINI

SEORANG sahabat perempuan saya di fesbuk, kebetulan membaca tulisan Mariska Lubis yang berjudul “Pacar Saya Bule, Dong…!!!” di Kompasiana (di sini) melalui tautan dinding saya. Namanya Ade Kartini, orang Indonesia asli yang bersuamikan bule asal Perancis. Terdorong oleh tulisan itu, Ade, melalui chating mengungkapkan keinginannya untuk menyampaikan kisahnya melalui surel (surat elektronik).

‘’Tolong ya Bang, dipostingkan di Kompasiana. Materinya saya kirim melalui pesan…”

Semalam, pesan itu pun datang. Untuk itu saya turunkan kembali seutuhnya isi pesan Kartini tersebut….

Bang Andy dan pembaca Kompasiana yang saya hormati….

Waktu saya kerja di sebuah hotel di Jakarta sebagai chief receptionist, ada teman kerja saya yg menikah dengan orang Perancis. Dua tahun kemudian mereka liburan ke Indonesia bersama teman-temannya orang Perancis. Temanku memperkenalkan teman-teman suaminya kepada saya dan keluarganya. Enggak sengaja rupanya ada di antara teman suaminya itu yang kayaknya naksir berat sama aku. Tapi waktu itu aku nggak kepikiran sama sekali untuk pacaran sama bule.

Sampai akhirnya aku ada kesempatan untuk kerja di Jepang….

Eh…, si Perancis ini terus aja menghubungiku baik lewat surat maupun telepon. Tak henti-hentinya sampai ke Jepang, hingga akhirnya aku pun menaruh perhatian. Siapa coba yang nggak tergoda bila di kejar-kejar bule yang ganteng, seorang insinyur, lagi…!

Begitulah, akhirnya aku pun jatuh cinta juga. Kalau namanya sudah cinta kan semuanya terasa indah. Walaupun banyak pengorbanan harus meninggalkan semua keluarga di Indonesia, juga kerabat dekat dan teman-teman.

Kehidupan di sini juga nggak seperti yang dibayangkan. Kalau masalah materi memang, sih, nggak ada kekurangan. Cuman saja, semua pekerjaan di rumah harus di kerjakan sendiri. Juga pergaulan orang sini beda sekali dengan di Indonesia. Di sini orangnya terlalu individualis,jadi menjenuhkan. Sedangkan saya sendiri nggak bisa tinggal di rumah terus karena sudah terbiasa bergaul dengan banyak orang.

Begitulah…..

Walaupun sempit waktu, saya berusaha melanjutkan pendidikan di sini di bidang perhotelan hingga mendapat diplome. Sekarang saya bekerja sebagai chef di restaurant Perancis. Itulah sebagian kisahku…, tapi masih banyak perempuan Indonesia lainnya yang memiliki kesamaan kisah denganku.

Saya ingin mengatakan bahwa kawin dengan bule, bukan hanya karena terdorong oleh uang dan ingin memiliki segala kemudahan. Kami juga punya pendidikan dan keahlian, di samping didikan agama yang kuat. Apalagi hidup di sini, jauh dari keluarga. Makanya kami mandiri.

Kalau hanya melihat uangnya, kayaknya nggak usah jauh-jauh kawin ama bule. Di Jakarta juga dulu ada pengusaha kaya dari Medan yang naksir sama aku. Tapi itu bukan pilihanku. Jadi apa gunanya banyak duit tapi suami sering keluar rumah dan banyak simpanannya. Laki-laki seperti itu aku kira lebih parah dari bule dalam pandangan Mariska.

Jadi.., bukan kami yang mengejar-ngejar suami bule lho.., tapi kebanyakan bulenya yang mendekati kami duluan. Dan karena dasar cinta dan jodoh juga, terpaksa kami harus meninggalkan semua orang terdekat kami walaupun sangat berat. Saat ini sudah 11 tahun saya tinggal di Paris dan mempunyai anak dua laki-laki dan perempuan. Ya,anak indo tentunya. Saya tetep aja sering home sick karena nggak bisa semaunya pulang ke Indonesia kerana kesibukan suami,pekerjaan saya, anak-anak, dan juga biaya yg tidak sedikit. Tapi di sisi lain, sedikit demi sedikit saya bisa memahami kehidupan di sini hingga bisa beradaptasi dgn orang-orang di sini.

Sorry ya, buat Mariska…!

Kalau memang dulunya nggak ada bule yg naksir itu bukan karena anda terlalu berkelas dan terlalu cantik. Semua orang berbeda seleranya. Kami tidak seperti wanita-wanita yang disebutkan dalam tulisan Anda di Kompasiana. Kami juga punya kelas dan pendidikan.

Terima kasih Buat Bang Andy Syoekry Amal yang berkenan menurunkan pesan dari seorang wanita Indonesia yang bersuamikan bule.

Salam dari Paris,

Ade Kartini

Email: Adert2009@*****

Telepon: 003332662****

Alamat Sekarang:

PLACE MAUCOURT
Vitry-le-François, France 51300

//

<!–This entry was posted on Sunday, September 27th, 2009 at 10:39 pm and is filed under Luarnegeri, Media, Pusparagam, Sosial. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site. –>

//

Share on Facebook Share on Twitter
No comments yet

Tinggalkan Balasan

