Skip to content

Vonis Antasari Mengecewakan!

Februari 11, 2010

antasari

USAI sudah drama Antasari Azhar peradilan tingkat pertama. Terdakwa kasus pembunuhan Nasruddin Zulkarnaen ini diganjar 18 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Oleh majelis hakim,  mantan Ketua KPK tersebut dinyatakan terbukti turut serta melakukan tindak pidana yang mengakibatkan hilangnya nyawa Nasruddin Zulkarnaen. Vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang sebelumnya menuntut hukuman mati.

Melalui layar tivi yang menyiarkan secara langsung, pemirsa menyaksikan begitu tegarnya seorang Antasari dan keluarganya. Antasari begitu tenangnya menyatakan banding atas putusan tersebut. Sedangkan istri dan anaknya tampak menebar senyum. Luar biasa!

Terlepas dari vonis ini, rasanya masih ada yang mengganjal. Sepertinya, pertimbangan hukum majelis hakim tidak mempertimbangkan fakta-fakta persidangan, melainkan hanya BAP (Berita Acara Pemeriksaan) penyidikan dari polisi. Inilah yang menjadikan penasehat hukum Antasari kecewa.

Perasaan kecewa ini ternyata bukan hanya dari penasehat hukum Antasari. Adik korban Nasruddin Zulkarnaen, Andi Syamsuddin, juga merasakan hal yang sama. Meski demikian tentu dengan alasan yang berbeda. Jika penasihat hukum Antasari kecewa karena tidak dipertimbangkannya fakta-fakya persidangan, maka  Andi Syamsuddin kecewa karena menganggap majelis hakim ragu dalam memutuskan perkara ini. “Kalau yakin Antasari bersalah kenapa tidak dihukum seberat-beratnya, tapi kalau yakin tidak bersalah kenapa tidak dibebaskan,” kata Andi Syamsuddin dalam pernyataannya yang disiarkan langsung melalui breaking news.

Dalam putusan yang disampaikan Ketua Majelis Hakim Herry Swantoro, hal yang memberatkan Antasari karena ia merupakan pejabat negara yang bertugas menegakkan hukum. Selain itu, hal memberatkan lainnya, karena korban asih memiliki anak kecil. Sedangkan hal yang meringankan, Antasari berjasa dalam pemberantasan korupsi dan belum pernah dihukum. Menurut Andi Syamsuddin, pertimbangan soal jasa ini sebenarnya tidak perlu, dan ini salah satunya yang membuat dirinya kecewa. Terlebih lagi dengan sikap JPU yang menyatakan pikir-pikir.

Terlepas dari semua itu, vonis Antasari ini sepertinya hanya meninggalkan kekecewaan, baik dari pihak penasehat hukum maupun pihak keluarga Nasruddin Zulkarnaen. Terus terang, saya juga merasakan kecewa karena awalnya berharap semua bisa terungkap secara terang-benderang. Tapi nyatanya tidak!!!

Ikuti tulisan lainnya:

JIKA ANTASARI DIVONIS BEBAS…

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: